PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY BERBANTU WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA

Apriliyana, Welly dan Rahmadhar, Yulia dan Sugianto, Sugianto (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY BERBANTU WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of WELLY APRILIYANA.pdf]
Preview
Text
WELLY APRILIYANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran guide inquiry berbantu website terhadap hasil belajar Fisika pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Postest Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 35 peserta didik yang terdiri dari satu kelas eksperimen. Sebelum dilakukan penelitian, maka peneliti melakukan uji instrumen soal dengan terlebih dahulu melakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Dalam pengujian validitas menggunakan rumus Korelasi Poin Biseral, dengan menghasilkan 31 soal valid dan 9 soal drop dari 40 soal pilihan ganda. Sedangkan dalam pengujian reabilitas menggunakan rumus KR-20. Adapun sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dengan Galat Taksiran, sedangkan untuk uji homogenitas peneliti menggunakan uji Bartlett. Pada uji hipotesis digunakan uji-t, dengan rata-rata skor pretest dan postest diperoleh thitung = 20.70, sedangkan taraf signifikansi α = 0.05 menghasilkan ttabel = 1.69. Karena thitung = 20.70 > 1.69 = ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian H1 diterima dan Ho ditolak. Selain itu, pada taraf signifikansi α = 0.01 di peroleh thitung = 20.70 > 2.44 = ttabel, maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini berpengaruh sangat signifikan. Oleh karena itu, dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran guide inquiry berbantu website terhadap hasil belajar Fisika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:31
Last Modified: 10 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17422

Actions (login required)

View Item View Item