PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Ulfiah, Ulvah dan Kusdiwelirawan, Acep dan Hidayat, Mirza Nur (2019) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Ulvah Ulfiah.pdf]
Preview
Text
Ulvah Ulfiah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan design penelitian path analysis menggunakan teknik pengambilan data random sampling. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 56 Jakarta dengan jumlah responden 36 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan data yang berdistribusi normal dan homogen, data diuji hipotesisnya dengan hasil thitung untuk koefisien korelasi antara konsep diri dengan kemampuan berpikir kritis sebesar 2,95 dengan ttabel 2,042. Uji hipotesis untuk koefisien korelasi antara konsep diri dengan hasil belajar fisika diperoleh thitung 40,92 dengan ttabel 2,042. Hasil uji hipotesis untuk koefisien korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar fisika diperoleh thitung sebesar 3,15 dengan ttabel 2,042. Dari hasil pengujian hipotesis disimpulkan bahwa dalam penelitian ini dinyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar fisika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:31
Last Modified: 10 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17420

Actions (login required)

View Item View Item