PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS NETBEANS IDE UNTUK MATERI GERAK LURUS DENGAN KECEPATAN DAN PERCEPATAN KONSTAN

Nurkhamid, Nurkhamid dan Kusdiwelirawan, Acep dan Burhendi, Felicianda Ardin (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS NETBEANS IDE UNTUK MATERI GERAK LURUS DENGAN KECEPATAN DAN PERCEPATAN KONSTAN. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Nurkhamid.pdf]
Preview
Text
Nurkhamid.pdf

Download (923kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis NetBeans IDE untuk materi gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan konstan. Penelitian ini dilaksanakan di 2 sekolah yang ada di Kabupaten Tangerang. Media yang dikembangkan adalah media pembelajaran interaktif berupa simulasi gerak lurus. Terdapat 4 simulasi yang berbeda, pertama simulasi tentang materi gerak lurus beraturan, kedua dan ketiga simulasi tentang kasus gerak lurus beraturan, serta keempat simulasi tentang materi dan kasus dalam gerak lurus berubah beraturan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode pengembangan Borg & Gall. Terdapat sepuluh langkah dalam melakukan penelitian tersebut, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Berdasarkan uji kelayakan, didapatkan hasil penilaian oleh ahli materi dengan persentase sebesar 80.83%, oleh ahli media dengan persentase sebesar 79.44%, pada uji skala kecil sebesar 82.97% dengan komentar simulasi mempermudah dalam memahami materi dan disarankan agar memperbaiki kombinasi warna yang digunakan dalam simulasi dan pada uji skala besar sebesar 87.4% dengan komentar simulasi yang digunakan membantu dalam memahami materi dan disarankan agar tulisan yang ada di simulasi diperbesar. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:31
Last Modified: 10 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17412

Actions (login required)

View Item View Item