PENGEMBANGAN RUANG MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINE MESSAGING API (APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE) PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI

Agasta, Imanita Heriana dan Soenarto, Y dan Laksanawati, Wahyu Dian (2019) PENGEMBANGAN RUANG MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINE MESSAGING API (APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE) PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of IMANITA HERIANA AGASTA.pdf]
Preview
Text
IMANITA HERIANA AGASTA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh kemajuan teknologi pada dunia pendidikan yang
belum dimanfaatkan secara maksimal. Penelitian ini betujuan untuk
mengembangkan ruang media pembelajaran fisika dalam bentuk modul yang
terdapat pada aplikasi LINE. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada tahap analisis,
dilakukan kegiatan analisis masalah dan analisis kebutuhan. Pada tahap desain,
dibuat desain draft awal dan divalidasi ahli materi dan ahli media. Pada tahap
pengembangan, dilakukan analisis pada sistem untuk menunjang ruang media.
Pada tahap implementasi, desain ruang media pembelajaran diujicobakan pada uji
skala kecil dengan jumlah 10 responden dan uji skala besar dengan jumlah 130
responden yang berasal dari 4 sekolah di Kota Jakarta, Bekasi dan Bogor. Hasil
dari penelitian yang diperoleh nilai rata-rata ahli materi 95% (sangat layak), ahli
media 86% (sangat layak), ahli praktisi pembelajaran 94,06% (sangat menarik),
uji skala kecil 82,90% (sangat menarik) dan uji skala besar 85,41% (sangat
menarik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi LINE Messaging API
(Application Programming Interface) ini layak digunakan sebagai ruang media
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:30
Last Modified: 10 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17405

Actions (login required)

View Item View Item