PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FOTONOVELA BERBASIS NILAI KARAKTER UNTUK ANAK TUNARUNGU SMALB MATERI MAGNET

Rahmawati, Andita dan Ermawati, Imas Ratna dan Laksanawati, Wahyu Dian (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FOTONOVELA BERBASIS NILAI KARAKTER UNTUK ANAK TUNARUNGU SMALB MATERI MAGNET. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of ANDITA RAHMAWATI.pdf]
Preview
Text
ANDITA RAHMAWATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media fotonovela untuk anak
tunarungu pada materi magnet di SMALB. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
Research and Development (R & D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa tunarungu
tingkat sekolah menengah atas (SMALB), yang dilakukan di dua sekolah yaitu SLB N 6 Jakarta
dan SLB N 7 Jakarta. Penentuan kelayakan dilakukan dengan melakukan validasi oleh pakar ahli
yaitu ahli media dan ahli materi yang dilakukan dalam dua tahap. Setelah itu, peneliti melakukan
uji efektivitas media melalui uji kelompok kecil oleh 5 siswa kelas X di SLB N 6 Jakarta dan uji
kelompok besar oleh 16 siswa di SLB N 6 Jakarta dan SLB N 7 Jakarta.
Penelitian dan pengembangan menghasilkan media fotonovela yang berbentuk buku
dengan materi magnet yang layak digunakan berdasarkan rata-rata penilaian pakar pada tahap
pertama 75,5% (baik) dan pada tahap kedua 80,98% (sangat baik). Penilaian uji efektivitas media
melalui uji skala kecil diperoleh persentase 85,87% (sangat baik) dan pada uji kelompok besar
92,08% (sangat baik), serta berdasarkan efektivitas terhadap hasil belajar diperoleh nilai 81,25%
(sangat baik), yang berarti bahwa media fotonovela pada materi magnet layak digunakan sebagai
media pembelajaran di SMAL-B (tunarungu).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:30
Last Modified: 10 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17397

Actions (login required)

View Item View Item