PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) FISIKA TERINTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER

Fitriana, Aisyah dan Kusdiwelirawan, Acep dan Ratna, Imas (2019) PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) FISIKA TERINTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of AISYAH FITRIANA.pdf]
Preview
Text
AISYAH FITRIANA.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes kemampuan berfikir tingkat tinggi
dengan integrasi nilai-nilai karakter. Metode yang digunakan adalah Research and Development
(R&D) dengan mengacu pada langkah model pengembangan ADDIE. Instrumen tes yang
dikembangan yaitu pada materi momentum implus. Uji coba validasi instrumen ini dilakukan
secara dua tahap tahap pertama dilakukan di SMAN 4 Depok dan SMA Muhammadiyah 23
Jakarta dengan jumlah responden 35 siswa, dan tahap kedua dilakukan di SMAN 4 Depok, SMAN
8 Depok, dan SMA Plus PGRI Cibinong dengan jumlah responden 147 siswa kelas. Hasil
penilaian instrumen yang telah dikembangkan yaitu (1) Terdapat 10 butir soal kategori valid
melalui dua tahap validasi empirik dan hasil akhir uji realibilitas diperoleh koefisien realibilitas
0,70 (sangat tinggi); (2) Uji kelayakan oleh ahli dosen dan guru pada aspek materi 86,67 % (sangat
baik), aspek kontruksi 89,58 % (sangat baik) dan aspek bahasa 88,42 % (sangat baik); (3) Hasil
respon instrumen berdasarkan penilaian siswa/i 83,27 % (baik) soal yang diberikan ini mendorong
siswa untuk berpikir tingkat tinggi dan 73,47 % (baik) siswa mampu mengambil pesan nilai
karakter yang diberikan pada stimulus soal. Maka, dengan demikian interpretasi instrumen tes
yang telah dikembangkan yaitu kategori sangat baik dan layak dijadikan sebagai penilaian evaluasi
berpikir tingat tinggi yang memuat nilai karakter.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:30
Last Modified: 10 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17395

Actions (login required)

View Item View Item