PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI EKOSISTEM

Sholeha, Ulpi Yatus dan Murwitaningsih, Susanti (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI EKOSISTEM. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Ulpi Yatus Sholeha.pdf]
Preview
Text
Ulpi Yatus Sholeha.pdf

Download (673kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif pada materi ekosistem. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari hingga Juni 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Developmental Resarch) dengan model pengembangan Formative Evaluation Tessmer (1994). Langkah-langkah pengembangan instrumen difokuskan pada 3 tahap yaitu tahap preliminary, self-evaluation, tahap prototyping (exspert review, one to one, small group) dan field test. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didikkelas XI IPA SMAN 1 Tambun Selatan dengan responden 3 peserta didik kelas XI IPA untuk tahap One to one dan 24 peserta didik kelas XI IPA untuk tahap small group. Sedangkan pada uji tahap akhir (field test) penelitian dilakukan dengan pengambilan sampel secara acak dengan google form sebanyak 100 responden dari berbagai sekolah di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Instrumen tes yang dikembangkan berupa soal uraian pada materi ekosistem berjumlah 24 soal dan disusun berdasarkan indikator menurut Williams yang memliki aspek Fluency, Flexibility, Originality, dan Elaboration dengan 12 indikator. Hasil penelitian ini yaitu instrumen tes yang dikembangkan memiliki kualitas sangat layak berdasarkan validasi ahli (91,57%). Respon peserta didik terhadap keterbacaan soal menunjukkan respon positif 88 % dengan kategori tinggi. Hasil analisis data menunjukkan 15 soal valid dengan presentase 100%. Pengujian reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha didapatkan nilai r11 sebesar 0,753 (tinggi). Dengan demikian penelitian ini menghasilkan instrumen tes yang layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didikpada bahasan materi ekosistem dengan jumlah butir tes soal uraian sebanyak 15 butir soal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:30
Last Modified: 10 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17387

Actions (login required)

View Item View Item