PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP PENGEMBANGAN EKOWISATA DAN PENGETAHUAN KEBERADAAN Owa Jawa (Hylobates moloch Audebert) DI DESA GEKBRONG KABUPATEN CIANJUR JAWA BARAT

Rado, Rugaya Utami dan Setyaningsih, Maryanti dan Dharma, Agus Pambudi (2020) PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP PENGEMBANGAN EKOWISATA DAN PENGETAHUAN KEBERADAAN Owa Jawa (Hylobates moloch Audebert) DI DESA GEKBRONG KABUPATEN CIANJUR JAWA BARAT. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Rugaya Utami Rado.pdf]
Preview
Text
Rugaya Utami Rado.pdf

Download (911kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi wisatawan terhadap pengembangan ekowisata dan pengetahuan keberadaan owa jawa (Hylobates moloch Audebert) di desa Gekbrong Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Gekbrong Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Waktu penelitiannya dilakukan pada bulan Bulan April 2019 hingga bulan Januari 2020. Pelaksanaan penelitian yang dilakukan pada hari senin sampai minggu dengan kurun waktu 3 minggu untuk penelitian langsung di lapangan.
Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini data yang diperoleh dari wawancara langsung dan pengisian kuesioner yang ada di objek wisata memiliki sampel sebesar 83 orang dan populasi sebesar 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling yang bertujuan untuk mengungkapkan variabel yang akan diteliti. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) Observasi, 2) Dokumentasi, 3) Wawancara, 4) Kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara analisis deskriptif untuk menganalisis data wisatawan yang dilakukan adalah 1) analisis karakteristik responden, 2) analisis motivasi pengunjung, 3)Analisis Biaya Perjalanan. mengenai data tentang teknik analisis data untuk owa jawa yang dilakukan adalah: 1).Analisis pengetahuan owa jawa, 2). Analisis analisis tetang kepunahan dan tindakan kepunahan Owa Jawa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa wisatawan memiliki daya Tarik untuk berwisata di Desa Gekbrong Cianjur tetapi dari presepsi wisatawa tentang keberadaan wisata alam di desa gekbrong perlu adanya peningkatan dari segi fasilitas dan infrastruktur yang masih sangat minim untuk wisatawan berkunujng. Dari persentase yang paling banyak menujukkan bahwa pelayanan dan informasi yang dimana perlunya untuk peningkatan lebih baik lagi agar tidak membahayakan pengunjung saat berwisata.
Lalu untuk owa jawa persepsi wisatawan menunjukkan bahwa wisatawan mengetahui akan keberadaan owa jawa dan aktivitas owa jawa untuk itu bahwa wisatawan tahu akan pengetahuan dari owa jawa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:30
Last Modified: 10 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17381

Actions (login required)

View Item View Item