ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI FUNGI

Fitri, Rosha Cinintya dan Yarza, Husnin Nahry (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI FUNGI. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Rosha Cinintya Fitri.pdf]
Preview
Text
Rosha Cinintya Fitri.pdf

Download (725kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa serta mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada materi fungi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2020. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Muhammadiyah 9 Bekasi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 & MIPA 2 di SMA Muhammadiyah 9 Bekasi sebanyak 47 siswa yang diambil secara Cluster Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal mengenai materi fungi dan angket tentang kesulitan belajar. Soal penguasaan konsep materi fungi berjumlah 41 soal dengan bentuk pilihan ganda. Angket faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar berjumlah 35 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata diperoleh sebesar 83,93%. Setelah diidentifikasi kembali siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan kategori rendah pada materi fungi terdapat 15 orang dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 56,66. Materi fungi memiliki dua sub materi yaitu klasifikasi fungi dan karakteristik fungi. Pada klasifikasi fungi memiliki jumlah materi yang sulit sebesar 54%. Sedangkan karakteristik fungi memiliki presentase sebesar 60%. Faktor penyebab kesulitan belajar berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal kesulitan belajar terdiri dari minat, motivasi, kesiapan dan perhatian siswa. Sedangkan pada faktor eksternal terdiri dari sekolah, keluarga dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:30
Last Modified: 10 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17380

Actions (login required)

View Item View Item