ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Nurlatifah, Asriza dan Meitiyani, meitiyani (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Asriza Nurlatifah.pdf]
Preview
Text
Asriza Nurlatifah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan seseorang dapat berhasil dalam kehidupannya ditentukan oleh keterampilan berpikirnya, terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah kehidupan yang dihadapinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 58 Jakarta kelas X pada materi Pencemaran Lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X MIPA B SMAN 58 Jakarta. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa soal essay terdiri dari 15 soal serta kuesioner terdiri dari 20 item pernyataan menggunakan indikator kemampuan berpikir kritis menurut Ennis. Analisis instrumen ini mencakup validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kategori sedang dengan persentase sebanyak 47,2%, siswa yang kemampuan berpikir kritisnya rendah sebanyak 19,5%, dan siswa yang kemampuan berpikir kritisnya tinggi sebanyak 33,3%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa rata-rata yang diperoleh siswa X MIPA B SMAN 58 Jakarta pada tes kemampuan berpikir kritisnya menunjukkan nilai 68,6 dengan kategori berpikir kritis pada kategori sedang/cukup.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:29
Last Modified: 10 Jul 2023 08:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17365

Actions (login required)

View Item View Item