PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA SEMESTER II

Ambarwati, Aprilia Dwi dan Akbar, Budhi (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA SEMESTER II. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Aprilia Dwi Ambarwati.pdf]
Preview
Text
Aprilia Dwi Ambarwati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian Keterampilan Proses Sains (KPS) pada materi biologi kelas X SMA Semester II. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret hingga April 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Developmental Research) dengan model pengembangan Tessmer tipe formative evaluation. Langkah-langkah pengembangan instrumen difokuskan pada tiga tahap yaitu tahap preliminary, selfevaluation, tahap prototyping (expert review, one-to-one, small group) dan tahap field test. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 9 Bekasi dengan responden tiga peserta didik kelas XI IPA untuk tahap One to One dan 15 peserta didik kelas XI IPA untuk tahap small group. Sedangkan, pada uji tahap akhir (field test) penelitian dilakukan dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 45 responden kelas XI IPA. Instrumen penilaian yang dikembangkan berupa soal pilihan ganda berjumlah 55 soal dan disusun berdasarkan indikator keterampilan proses sains menurut Rustaman, yang terdiri dari sembilan indikator yaitu observasi, klasifikasi, komunikasi, prediksi, menerapkan konsep, hipotesis, interpretasi, mengajukan pertanyaan serta merencanakan percobaan. Hasil penelitian ini yaitu instrumen penilaian yang dikembangkan memiliki kualitas sangat layak berdasarkan validasi ahli (98,01%). Respon peserta didik terhadap keterbacaan soal menunjukkan respon positif sebesar (94,55%). Hasil analisis data menunjukkan 49 soal valid dengan persentase 94,23% dan enam soal dengan persentase 5,77% yang tidak valid. Pengujian reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown didapatkan nilai r11 sebesar 0,87 (sangat tinggi). Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan instrumen penilaian yang layak digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik pada materi biologi kelas X SMA Semester II dengan jumlah butir soal pilihan ganda sebanyak 49 butir soal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:29
Last Modified: 10 Jul 2023 08:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17363

Actions (login required)

View Item View Item