PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN MENGKLASIFIKASI PADA SISWA KELAS X MATERI DUNIA ANIMALIA

Amanah, Rinfil dan Akbar, Budhi dan Dharma, Agus Pambudi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN MENGKLASIFIKASI PADA SISWA KELAS X MATERI DUNIA ANIMALIA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of RINFIL AMANAH.pdf]
Preview
Text
RINFIL AMANAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap keterampilan mengklasifikasi siswa kelas X di MAN 2 Jakarta pada pokok bahasan animalia. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 108 siswa terbagi dalam tiga kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah intrumen tes yang terdiri atas 26 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Indikator kemampuan yang diukur meliputi lima jenis indikator yaitu mencari persamaan, mencari perbedaan, mengelompokkan, membandingkan, dan mengontraskan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kemampuan mengklasifikasi dari kelas eskperimen sebesar 76,25. Adapun kelas kontrol memperoleh nilai 60,63. Uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikasi α = 1% di peroleh thitung 9,65 > ttabel 2,38, yang berarti H0 ditolak. Terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikina penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E berpengaruh terhadap keterampilan mengklasifikasi siswa pada pokok bahasan animalia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:28
Last Modified: 10 Jul 2023 08:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17354

Actions (login required)

View Item View Item