EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM BIOLOGI DALAM PENUNJANG PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 34 JAKARTA

Azmi, Rina Izzatul dan Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih dan Anugrah, Devi (2019) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM BIOLOGI DALAM PENUNJANG PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 34 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of RINA IZZATUL AZMI.pdf]
Preview
Text
RINA IZZATUL AZMI.pdf

Download (831kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan laboratorium dalam penunjang pembelajaran biologi di SMA Negeri 34 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 34 Jakarta pada bulan April tahun 2019. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sebanyak 4 guru mata pelajaran biologi dan 1 kepala laboratorium. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket tentang efektivitas pemanfaatan laboratorium. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pemanfaatan laboratorium di SMA Negeri 34 Jakarta termasuk dalam kategori efektif dengan persentase sebesar 77,9% dapat dilihat dari indikator penggunaan laboratorium sebesar 86% termasuk kategori sangat efektif. Selanjutnya indikator fasilitas laboratorium sebesar 86% termasuk kategori sangat efektif. Kemudian indikator prosedur penggunaan sarana laboratorium sebesar 76,56% termasuk kategori efektif. Lalu indikator alokasi waktu sebesar 66% termasuk kategori cukup efektif, dan indikator pemanfaatan laboratorium sebagai sarana dan sumber belajar siswa sebesar 75% termasuk kategori efektif. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian yaitu efektivitas pemanfaatan laboratorium biologi di SMA Negeri 34 Jakarta sudah termasuk efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:26
Last Modified: 10 Jul 2023 08:26
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17353

Actions (login required)

View Item View Item