Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Kelas X IPA pada Materi Ekosistem

Lisa, Nuridha Fatimatul dan Sukandar, Paskal dan Astuti, Yuni (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Kelas X IPA pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of NURIDHA FATIMATUL LISA.pdf]
Preview
Text
NURIDHA FATIMATUL LISA.pdf

Download (857kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh peningkatan kemampuan analisis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) pada siswa kelas X IPA semester 2 tahun ajaran 2018/2019 materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel mempergunakan cluster random sampling. Prosedur penelitian terdiri dari tiga tahap yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan akhir. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis uraian sebanyak 10 soal yang dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan analisis. Setelah diberi perlakuan, rata-rata posttest pada kelompok ekperimen adalah 62,70 sedangkan kelompok kontrol sebesar 59,55 Selanjutnya data dihitung uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji chi kuadrat pada taraf 1% diperoleh 5,70<11,3 pada kelompok eksperimen dan 3,61<11,3 pada kelompok kontrol maka kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh 1,44<2,277 α=1% maka dihasilkan varians data kelompok yang homogen. Uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 4,701 dengan ttabel 2,383 α=1% maka dengan demikian H0 ditolak yang berarti adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap kemampuan analisis siswa kelas X IPA pada materi ekosistem. Indikator mengantribusi merupakan indikator yang paling dikuasai pada kedua kelompok penelitian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:22
Last Modified: 10 Jul 2023 08:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17348

Actions (login required)

View Item View Item