ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 99 JAKARTA

Astuti, Nur Fitriana dan Meitiyani, Meitiyani dan Mayarni, Mayarni (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 99 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of NUR FITRIANA ASTUTI.pdf]
Preview
Text
NUR FITRIANA ASTUTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 99 Jakarta serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Populasi penelitian ini berjumlah 180 siswa. Dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2019. Sampel adalah kelas XI MIPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 36 dan XI MIPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 36 yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal kemampuan berpikir tingkat tinggi, angket faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri 99 Jakarta masuk ke dalam kategori cukup dengan persentase 72% dengan nilai tertinggi 89 dan nilai terendah 53. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri 99 Jakarta diantaranya faktor sekolah seperti pendekatan, metode pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi. Selain itu ada faktor interaksi, motivasi, intelegensi, minat dan rasa ingin tahu, fisik dan psikis serta lingkungan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 19 May 2023 04:09
Last Modified: 19 May 2023 04:09
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17346

Actions (login required)

View Item View Item