PERSEPSI GURU BIOLOGI DENGAN RASCH MODEL TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Nida, Khotrun dan Akbar, Budhi dan Susilo, Susilo (2019) PERSEPSI GURU BIOLOGI DENGAN RASCH MODEL TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of KHOTRUN NIDA.pdf]
Preview
Text
KHOTRUN NIDA.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dewasa ini telah memberikan banyak pengaruh termasuk di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru biologi terhadap penggunaan TIK dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan analisis data Rasch Model menggunakan perangkat lunak Winstep 4.4.4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah untuk mengetahui kualitas pernyataan dan karakteristik responden, realibilitas item dan responden, pengelompokkan item dan responden, konsistensi responden, dan persepsi responden berdasarkan profil demografi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru biologi di SMP, SMA, dan MAN se Pulau Jawa. Sampel penelitian yang digunakan adalah 54 orang guru biologi dari 38 sekolah yang diperoleh dengan cara purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang terdiri dari 35 butir pernyataan dan 13 butir pertanyaan dalam hal pengetahuan TIK, pemanfaatan dan pengaruh TIK terhadap pembelajaran biologi digunakan untuk pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru terhadap TIK berada pada kategori baik sampai sangat baik. 20 item kuesioner memiliki nilai di bawah rata-rata logit +0.00 yang berarti kuesioner tersebut mudah disetujui oleh responden. 52 responden menjawab kuesioner dengan konsistensi yang tinggi dengan nilai logit diatas +1.35. Hambatan penggunaan TIK yang paling sering terjadi adalah siswa sering menyalahgunakan TIK dalam proses pembelajaran. Harapan guru biologi terhadap TIK adalah adanya aplikasi yang dirancang khusus untuk pembelajaran biologi, sehingga penggunaan TIK dalam pembelajaran menjadi lebih efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 03 May 2023 01:50
Last Modified: 03 May 2023 01:50
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17338

Actions (login required)

View Item View Item