Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh

Putri, Faricha Hanafriansyah dan Sukandar, Paskal dan Mayarni, Mayarni (2019) Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of FARICHA HANA.pdf]
Preview
Text
FARICHA HANA.pdf

Download (564kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan dalam memecahkan masalah. Studi ini menyelidiki tentang pengaruh penggunaan model PBL (Problem Based Learning) terhadap sikap ilmiah siswa. Metode: yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Post Test Only dengan desain penelitian Posttest Only. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperiment dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah non tes dengan 6 indikator rasa ingin tahu, sikap bertanggungjawab, tidak mudah menyerah, sikap terbuka, bekerjasama dalam kelompok dan sikap disiplin. Hasil: Kedua kelas yang diberikan perlakuan model pembelajaran yang berbeda memiliki peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah terlihat dari rata-rata kelas kontrol yang memiliki rata-rata 62%% dan kelas eksperimen 72%. Uji hipotesis menggunakan Uji-t pada taraf signifikan α = 0,5% diperoleh t hitung 8,342 > t tabel 1,994 yang berarti H0 ditolak. Terdapat pengaruh yang signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) berpengaruh terdahap Sikap Ilmiah siswa kelas XI pada materi sistem kekebalan tubuh. Kesimpulan: Temuan ini menunjukan bahwa model PBL (Problem Based Learning) dapat digunakan untuk membantu peserta didik mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan dalam memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 03 May 2023 01:49
Last Modified: 03 May 2023 01:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17324

Actions (login required)

View Item View Item