Syahidah, Fajrina dan Amirullah, Gufron dan Mayarni, Mayarni (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terintegrasi Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X di SMA Negeri 98 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
FAJRINA SYAHIDAH.pdf Download (430kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry
terintegrasi STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran
Biologi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X di SMA Negeri 98 Jakarta pada
bulan Maret s.d Mei 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
quasy experiment (eksperimen semu), sedangkan desain penelitian yang digunakan
adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMA Negeri 98 Jakarta tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 175
siswa, dengan sampel sebanyak 66 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan
instrumen soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Dari hasil uji hipotesis
digunakan uji-t pada taraf signifikan 1% diperoleh thitung= 8,12 dengan ttabel= 2,66
maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang
signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model guided inquiry
terintegrasi STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa SMA kelas X MIPA
SMA Negeri 98 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 03 May 2023 01:49 |
Last Modified: | 03 May 2023 01:49 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17322 |
Actions (login required)
View Item |