Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terintegrasi Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X di SMA Negeri 98 Jakarta

Syahidah, Fajrina dan Amirullah, Gufron dan Mayarni, Mayarni (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terintegrasi Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X di SMA Negeri 98 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of FAJRINA SYAHIDAH.pdf]
Preview
Text
FAJRINA SYAHIDAH.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry
terintegrasi STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran
Biologi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X di SMA Negeri 98 Jakarta pada
bulan Maret s.d Mei 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
quasy experiment (eksperimen semu), sedangkan desain penelitian yang digunakan
adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMA Negeri 98 Jakarta tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 175
siswa, dengan sampel sebanyak 66 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan
instrumen soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Dari hasil uji hipotesis
digunakan uji-t pada taraf signifikan 1% diperoleh thitung= 8,12 dengan ttabel= 2,66
maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang
signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model guided inquiry
terintegrasi STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa SMA kelas X MIPA
SMA Negeri 98 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 03 May 2023 01:49
Last Modified: 03 May 2023 01:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17322

Actions (login required)

View Item View Item