Hubungan Antara Kesadaran Metakognitif Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Pokok Bahasan Fotosintesis

Trenggono, Dimas dan Amirullah, Gufron dan ANUGRAH, DEVI (2019) Hubungan Antara Kesadaran Metakognitif Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Pokok Bahasan Fotosintesis. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Dimas Trenggono.pdf]
Preview
Text
Dimas Trenggono.pdf

Download (817kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keeratan hubungan antara kesadaran metakognitif dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada pokok bahasan fotosintesis. Penelitian ini dilakukan pada bulan September-Oktober 2019 di FKIP UHAMKA. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 7 tahun ajaran 2019-2020 berujumlah 55 mahasiswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes. Intrumen yang digunakan untuk mengukur kesadaran metakognitif berupa angket, berujumlah 41 pernyataan, mencakup perencanaan, pemantauan diri, strategi kognitif, dan kesadaran diri serta instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian berujumlah 10 butir soal, mencakup merumuskan masalah, memberikan argumen, menganalisis, deduksi, induksi, mengevaluasi, serta mengambil keputusan dan tindakan. Hasil menunjukkan bahwa skor rata-rata kesadaran metakognitif 62,43. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis korelasi. Hasil perhitungan korelasi kesadaran metakognitif dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa diperoleh nilai r 0,622 dengan r2 0,387, yang berarti Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan antara kesadaran metakognitif dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada pokok bahasan fotosintesis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 03 May 2023 01:49
Last Modified: 03 May 2023 01:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17315

Actions (login required)

View Item View Item