Rivaldy, Angga dan Amirullah, Gufron (2019) Pengaruh Model Pembelajaran GI (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI Pada Materi Jaringan Tumbuhan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Preview |
Text
ANGGA RIVALDY.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan kepada siswa kelas X SMA Budhi Warman 2 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling.
Pada uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment sebanyak 8 soal uraian atau essay dengan 7 soal valid dan 1 soal tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus dari Sugiyono memperoleh rhitung = 0,6105, maka tingkat reliabilitasnya tinggi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji chi kuadrat dengan ketentuan X2hitung < X20,99(3), kelompok eksperimen diperoleh 4,62 < 11,3 dan kelompok kontrol 10,55 < 11,3 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji f diperoleh fhitung 1,01 < ftabel 2,38 maka data dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen.
Pada uji hipotesis digunakan uji t diperoleh thitung 5,75 > ttabel 2,390 maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA Budhi Warman 2 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 09:01 |
Last Modified: | 30 Apr 2023 14:26 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17121 |
Actions (login required)
View Item |