Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Keterampilan Bertanya Siswa Kelas X SMA Pada Materi Ekosistem

Hilmy, Aida Fithria dan Amirullah, Gufron dan Mayarni, Mayarni (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Keterampilan Bertanya Siswa Kelas X SMA Pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of AIDA FITHRIA HILMY.pdf]
Preview
Text
AIDA FITHRIA HILMY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh keterampilan bertanya siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada siswa kelas X SMA Negeri 100 Jakarta, semester genap tahun ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Kelas X MIPA 2 dengan jumlah 36 orang terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Kelas X MIPA 3 terpilih sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode yang biasa digunakan di sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument keterampilan bertanya siswa berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 18 butir yang tentunya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Chi Kuadrat diperoleh X2 hitung 7,17 < X2tabel 11,34, maka data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,299 < F0,01 (34/35) 2,244 yang mengindikasikan bahwa data tersebut mempunyai variansi yang homogen.
Pada uji hipotesis digunakan uji-t, diperoleh thitung 3,99 > t0,99(69) 2,51. Maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap keterampilan bertanya siswa kelas X SMA Negeri 100 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 13 Apr 2023 09:01
Last Modified: 30 Apr 2023 14:27
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17119

Actions (login required)

View Item View Item