Audit Humas Program Airport Go Digital PT Angkasa Pura II dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Nurrohmah, Mawaddah (2017) Audit Humas Program Airport Go Digital PT Angkasa Pura II dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_1306015071_Mawaddah Nurrohmah.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_1306015071_Mawaddah Nurrohmah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Audit public relations dikenal dengan sebutan audit komunikasi public relations (kehumasan). Dalam pengembangan suatu layanan publik, audit menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hal tersebut. Begitu pula dalam pengembangan program airport go digital di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Penelitian ini mengkaji audit humas program airport go digital PT Angkasa Pura II untuk meningkatkan pelayanan publik di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori informasi organisasi untuk menjelaskan proses informasi mengenai audit humas dalam program airport go digital yang diterapkan di Terminal 3 Ultimate.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, teknik analisis data dengan triangulasi sumber dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa audit humas dalam program airport go digital masih belum tuntas. Dari 9 program yang sudah dibentuk, hanya 5 program yang sudah berjalan sebagaimana fungsinya, yaitu digitalisasi proses antrian taksi, aplikasi mobile, peningkatan bandwidth WiFi menjadi 50 Mbps per access point, smart toilet, smart parking building. Masih ada 4 program lagi yang belum berfungsi, yaitu kios self service check in dan baggage drop, pembuatan fleet management system untuk shuttle dan publik bus bandara, pembangunan airport operation control center, serta integrasi automatic baggage handling system (Automatic BHS). Publik atau pengguna jasa bandara berharap dengan adanya terminal baru yakni Terminal 3 Ultimate, pelayanan bandara menjadi lebih baik lagi.
Kontribusi penelitian ini secara akademis dapat dijadikan referensi penelitian mengenai audit komunikasi, khususnya audit komunikasi kehumasan dalam konteks komunikasi organisasi. Kontribusi metodologis bermanfaat untuk penelitian yang menggunakan metode studi kasus. Kontribusi praktis diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan evaluasi dalam penelitian audit humas. Kontribusi sosial diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada para pihak yang memberikan layanan kepada publik agar berbasis teknologi, khususnya dalam pelayanan pengguna jasa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:54
Last Modified: 08 Sep 2022 04:54
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16994

Actions (login required)

View Item View Item