Nurrohmah, Mawaddah (2017) Audit Humas Program Airport Go Digital PT Angkasa Pura II dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.
Preview |
Text
FISIP_ILKOM_1306015071_Mawaddah Nurrohmah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Audit public relations dikenal dengan sebutan audit komunikasi public relations (kehumasan). Dalam pengembangan suatu layanan publik, audit menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hal tersebut. Begitu pula dalam pengembangan program airport go digital di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Penelitian ini mengkaji audit humas program airport go digital PT Angkasa Pura II untuk meningkatkan pelayanan publik di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori informasi organisasi untuk menjelaskan proses informasi mengenai audit humas dalam program airport go digital yang diterapkan di Terminal 3 Ultimate.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, teknik analisis data dengan triangulasi sumber dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa audit humas dalam program airport go digital masih belum tuntas. Dari 9 program yang sudah dibentuk, hanya 5 program yang sudah berjalan sebagaimana fungsinya, yaitu digitalisasi proses antrian taksi, aplikasi mobile, peningkatan bandwidth WiFi menjadi 50 Mbps per access point, smart toilet, smart parking building. Masih ada 4 program lagi yang belum berfungsi, yaitu kios self service check in dan baggage drop, pembuatan fleet management system untuk shuttle dan publik bus bandara, pembangunan airport operation control center, serta integrasi automatic baggage handling system (Automatic BHS). Publik atau pengguna jasa bandara berharap dengan adanya terminal baru yakni Terminal 3 Ultimate, pelayanan bandara menjadi lebih baik lagi.
Kontribusi penelitian ini secara akademis dapat dijadikan referensi penelitian mengenai audit komunikasi, khususnya audit komunikasi kehumasan dalam konteks komunikasi organisasi. Kontribusi metodologis bermanfaat untuk penelitian yang menggunakan metode studi kasus. Kontribusi praktis diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan evaluasi dalam penelitian audit humas. Kontribusi sosial diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada para pihak yang memberikan layanan kepada publik agar berbasis teknologi, khususnya dalam pelayanan pengguna jasa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | libfisip libfisip libfisip |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 04:54 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 04:54 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16994 |
Actions (login required)
View Item |