Nisa, Sinta Hikmatun (2019) Hubungan Pengetahuan Gizi, Peran Orang Tua, Peran Teman Sebaya dan Paparan Media Massa Dengan Konsumsi Buah dan Sayur Pada Siswa di SMP Hang Tuah 2 Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.
Preview |
Text
FIKES_GIZI_ 1505025145_ SINTA HIKMATUN NISA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Konsumsi sayur dan buah pada siswa SMP (kelompok umur 13-18 tahun)
di Jakarta Selatan masih sangat rendah. Terdapat berbagai faktor yang
mempengaruhi konsumsi sayur dan buah antara lain pengetahuan gizi, peran
orangtua, teman sebaya dan paparan media massa. Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi, peran orangtua, teman sebaya dan
paparan media massa dengan konsumsi sayur dan buah pada siswa SMP Hang Tuah
2. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 130
sampel, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini
menggunakan desain Cross Sectional di lakukan pada bulan Februari-Agustus
2019. Data pengetahuan, peran orangtua, teman sebaya dan paparan media massa
diambil dengan wawancara menggunakan kuesioner terstruktur. Data konsumsi
sayur dan buah diambil dengan Food Frequency Semi Quantitative. Analisis data
menggunakan Uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukan sebanyak 88,5%
siswa kurang mengonsumsi buah dan sayur. Ada hubungan yang bermakna antara
peran orang tua dengan konsumsi buah dan sayur dengan p-value = 0,007. Akan
tetapi pengetahuan gizi, peran teman sebaya dan paparan media massa tidak
memiliki hubungan yang bermakna dengan konsumsi buah dan sayur.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi |
Depositing User: | libfikes libfikes libfikes |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 08:15 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 08:15 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16966 |
Actions (login required)
View Item |