Hubungan pola makan, sedentary lifestyle, dan pengguna kontrasepsi dengan kejadian kegemukan pada Ibu rumah tangga di Desa Karang Satria

Anggraini, Silvia Nury (2019) Hubungan pola makan, sedentary lifestyle, dan pengguna kontrasepsi dengan kejadian kegemukan pada Ibu rumah tangga di Desa Karang Satria. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_ 1505025143_ SILVIA NURY ANGGRAINI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_ 1505025143_ SILVIA NURY ANGGRAINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegemukan merupakan masalah kesehatan yang seringkali berhubungan dengan penyakit degeneratif. Prevalensi kegemukan diatas 18 tahun di Indonesia sebesar 21,8% (Riskesdas, 2018). Prevalensi kegemukan pada wanita berdasarkan penelitian Rian Diana dkk yang dilakukan di Indonesia dengan mewakili 33 provinsi sebesar 29,4%. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan ibu rumah tangga mengalami kegemukan adalah pola makan yang tidak beragam, mengonsumsi makanan dan minuman manis, konsumsi lemak, makanan rendah sayur dan buah, gaya hidup sedentary, dan penggunaan kontrasepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola makan, sedentary lifestyle, dan pengguna kontrasepsi dengan kejadian kegemukan pada ibu rumah tangga di Desa Karang satria, Kecamatan Tambun Utara, Bekasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitan ini dilakukan pada tanggal 13-18 Agustus 2019 di Desa Karang satria dengan sampel 136 orang yang dipilih menggunakan teknik multiphase sampling. Variabel dependen yang diteliti yaitu konsumsi sayur dan buah, konsumsi lemak, konsumsi makanan dan minuman manis, sedentary lifestyle, jenis kontrasepsi, dan lama penggunaan kontrasepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar Ibu rumah tangga mengalami kegemukan (53,7%). Berdasarkan uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan antara konsumsi makanan dan minuman manis dengan kejadian kegemukan (p=0,033), ada hubungan antara lama penggunaan kontrasepsi dengan kejadian kegemukan (p=0,004), dan tidak ada hubungan antara konsumsi sayur dan buah (p=0,676), konsumsi lemak (0,059), sedentary lifestyle (0,07), jenis kontrasepsi (0,158).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:05
Last Modified: 06 Sep 2022 08:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16964

Actions (login required)

View Item View Item