Hubungan Pola Makan, Asupan Protein, Lemak, Serat dan Aktivitas Fisik terhadap Status Gizi Pada Vegetarian di Indonesia Vegetarian Society (IVS) Jakarta

Nurwari, Rachmahida Fai (2019) Hubungan Pola Makan, Asupan Protein, Lemak, Serat dan Aktivitas Fisik terhadap Status Gizi Pada Vegetarian di Indonesia Vegetarian Society (IVS) Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1505025109_RACHMAHIDA FAI NURWARI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1505025109_RACHMAHIDA FAI NURWARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah gizi utama pada kelompok vegetarian umumnya disebabkan karena tidak seimbangnya asupan makanan yang dikonsumsi terutama pada asupan prtotein. Penelitian ini mengkaji pola makan, asupan protein, lemak, serat dan aktivitas fisik terhadap status gizi pada kelompok vegetarian di Indonesia Vegetarian Society (IVS) Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain penelitian Cross-sectional. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh populasi kelompok vegetarian di IVS yang masuk kedalam kriteria inklusi dan eksklusi. Uji statistik yang digunakan adalah Chi-Square dengan status gizi pada vegetarian sebagai variabel dependen sedangkan pola makan, asupan protein, lemak, serat dan aktivitas fisik sebagai variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anggota IVS memiliki status gizi yang normal, 61,7%. Pola makan yang tidak sesuai dengan piramida makanan vegetarian, 76,6%. Asupan protein dan lemak masih dalam kategori cukup, 42,6% sedangkan asupan serat cenderung kurang yaitu 61,7%. Aktivitas fisik yang dimiliki anggota IVS mayoritas ringan, 83%. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola makan lakto ovo vegetarian dengan status gizi (p-value = 0,03).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:40
Last Modified: 06 Sep 2022 03:40
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16955

Actions (login required)

View Item View Item