Gambaran Kecelakaan Kerja Sopir Bus Mayasari Bakti Jurusan Kp. Rambutan – Kalideres Pool Ciracas Jakarta Timur Tahun 2017

Andhika, Damas (2018) Gambaran Kecelakaan Kerja Sopir Bus Mayasari Bakti Jurusan Kp. Rambutan – Kalideres Pool Ciracas Jakarta Timur Tahun 2017. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1405017034_DAMAS ANDHIKA.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1405017034_DAMAS ANDHIKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) adalah salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat melindungi dan bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat melindungi dan bebas dari kecelakaan kerja pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi kendaraan, faktor sopir, lama mengemudi, dan pengetahuan lalu lintas terhadap keselamatan kerja sopir bus Mayasari Bakti Jurusan Kp. Rambutan – Kalideres Pool Ciracas Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Penelitian ini menggunakan data primer dengan kuesioner sebagai instrumen penelitiannya. Penelitian ini akan dilakukan di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur pada bulan September 2018. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu sebesar 53 responden yaitu seluruh sopir bus Mayasari Bakti jurusan Kp. Rambutan – Kalideres yang berjumlah 53 sopir. Hasil penelitian yang menunjukkan proporsi angka kecelakaan kerja dari seluruh responden (9,4%), responden kondisi kendaraan tidak aman (1,9%), responden dengan faktor sopir yang buruk (56,6%), responden berdasarkan lama mengemudi > 8 jam (52,8%), responden berdasarkan kurang baiknya pengetahuan lalu lintas (75,5%). Saran dari penelitian ini kepada sopir bus Mayasari Bakti jurusan Kp. Rambutan – Kalideres diharapkan untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam mengemudikan bus serta lebih diperbaiki waktu tidur atau waktu dalam beristirahat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:35
Last Modified: 30 Aug 2022 06:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16909

Actions (login required)

View Item View Item