Hubungan Tingkat Asupan Energi, Zat Gizi Makro Dan Mikro Serta Status Hidrasi Dengan Kebugaran Kardiorespiratori Pada Atlet Renang Di PRSI Tahun 2019

Regita, Dynda Eprillia (2019) Hubungan Tingkat Asupan Energi, Zat Gizi Makro Dan Mikro Serta Status Hidrasi Dengan Kebugaran Kardiorespiratori Pada Atlet Renang Di PRSI Tahun 2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_ 1505025049_ DYNDA EPRILLIA REGITA.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_ 1505025049_ DYNDA EPRILLIA REGITA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan tubuh seseorang dalam melakukan pekerjaan sehari-hari secara efektif dan efisien dalam jangka waktu relatif lama tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas yang dimiliki seseorang agar dapat terwujud derajat kesehatan dan kebugaran jasmani yang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Asupan Zat Gizi, Aktivitas Fisik dan Status Hidrasi dengan Kebugaran Kardiorespiratori (VO2max) pada Atlet Renang PRSI. Sampel penelitian ini yaitu Atlet Renang di Persatuan Renang Seluruh Indonesia sebanyak 47 atlet. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross-sectional dan teknik pengambilan sampling menggunakan Total Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran, Status Hidrasi dengan BJU, VO2max dengan T1000, dan recall 3x24 jam dan 2x24 jam (weekend). Hasil Penelitian menggunakan Uji Correlation menunjukan adanya hubungan antara asupan energi, protein, karbohidrat, kalsium dan status hidrasi dengan kebugaran kardiorepiratori dengan p-value (p<0,005). Tidak terdapatt hubungan antara lemak, besi dan zink dengan kebugaran kardiorespiratori dengan p-value (p>0,005). Kesimpulan nya bahwa atlet renang dengan asupan energi, zat gizi makro dan mikro yang kurang memiliki rata-rata kebugaran kardiorespiratori yang kurang. Atlet renang dengan status hidrasi seriously dehydration rata-rata memiliki status kebugaran lebih rendah dibandingkan dengan status dehidrasi yang baik. Sehingga perlu ada nya pemantauan asupan makan para atlet dan pemantauan asupan cairan untuk para atlet.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:04
Last Modified: 09 Aug 2022 07:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16465

Actions (login required)

View Item View Item