Hubungan Pengetahuan Dan Keyakinan Dengan Sikap Ibu Dalam Menghindarkan Paparan Asap Rokok Orang Lain Terhadap Anak Di Tk/Paud Putra Putri Godean Yogyakarta Tahun 2018

Wardana, Rosyid Hadi (2019) Hubungan Pengetahuan Dan Keyakinan Dengan Sikap Ibu Dalam Menghindarkan Paparan Asap Rokok Orang Lain Terhadap Anak Di Tk/Paud Putra Putri Godean Yogyakarta Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1205017037_ROSYID HADI WARDANA.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1205017037_ROSYID HADI WARDANA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Paparan Asap rokok merupakan suatu masalah yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya perhatian terhadap hal ini, telah sering mengakibatkan terjadinya dampak bagi perokok pasif yaitu berbagai masalah kesehatan. Perokok aktif yang saat ini di dominasi oleh laki-laki akan menyebabkan paparan asap rokok kepada wanita dan anak-anak. Pengetahuan dan keyakinan mengenai paparan asap rokok akan menyebabkan perokok pasif bersikap menghindar terhadap paparan asap rokok tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan dan keyakinan dengan sikap ibu dalam menghindarkan paparan asap rokok orang lain pada anak di TK/PAUD Putra Putri Godean, Yogyakarta. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh ibu-ibu yang anaknya merupakan siswa aktif TK/Paud Putra Putri Godean, Yogyakarta yang berjumlah 34 ibu-ibu dengan besar sampel yang diambil sebanyak 33 responden. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan uji Chi-Square dan cara pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel yang diteliti yaitu pengetahuan ibu tentang paparan asap rokok, keyakinan ibu tentang paparan asap rokok, dan sikap ibu dalam menghindarkan paparan asap rokok orang lain pada anak. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan antara pengetahuan dan keyakinan dengan sikap ibu dalam menghindarkan paparan asap rokok orang lain pada anak di TK/PAUD Putra Putri Godean, Yogyakarta Tahun 2018, terbukti dengan nilai signifikansi sebesar 0,325 (p > 0,05) untuk hubungan pengetahuan dengan sikap, dan 0,112 (p > 0,05) untuk hubungan keyakinan dengan sikap. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh lain yang berperan yaitu peran suami, orang tua, dan kondisi lingkungan sosial budaya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:41
Last Modified: 09 Aug 2022 04:41
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16452

Actions (login required)

View Item View Item