Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Picky Eating Pada Anak Usia 3-6 Tahun Di PAUD Tunas Harapan Batu Ampar Jakarta Timur Tahun 2019

Amalia, Ayu (2019) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Picky Eating Pada Anak Usia 3-6 Tahun Di PAUD Tunas Harapan Batu Ampar Jakarta Timur Tahun 2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1505025030_ AYU AMALIA.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1505025030_ AYU AMALIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Picky Eating merupakan perilaku penolakan terhadap makanan pada anak baik yang sudah dikenalnya maupun makanan yang baru ingin dicoba karena faktor tertentu. Picky Eating bisa terjadi pada anak usia pra sekolah yaitu anak usia 3-6 tahun atau mereka yang duduk di sekolah PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan picky eating pada anak-anak di PAUD Tunas Harapan Batu Ampar Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah ibu atau pengasuh dari anak-anak di PAUD Tunas Harapan Batu Ampar Jakarta Timur yang berjumlah 88 orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Penentuan atau cara pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling, sementara pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuisioner serta analisis data menggunakan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penyakit infeksi dengan picky eating (p<0,05). Sedangkan riwayat ASI eksklusif, kelainan gigi, pola asuh makan, pekerjaan, pendidikan, dan pengetahuan ibu tidak terdapat hubungan dengan picky eating (p>0,05). Berdasarkan penelitian ini, supaya anak tidak terkena penyakit infeksi disarankan kepada ibu atau pengasuh untuk lebih memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar, kebersihan diri anak dengan menerapkan cuci tangan sebelum dan sesudah makan maupun sehabis bermain dari luar rumah serta berikan makanan yang bergizi untuk anak-anak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:40
Last Modified: 09 Aug 2022 04:40
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16451

Actions (login required)

View Item View Item