Pengaruh Kompensasi Bonus, Leverage dan Profitabilitas terhadap Earning Management pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018

Marjani, Salsabila (2020) Pengaruh Kompensasi Bonus, Leverage dan Profitabilitas terhadap Earning Management pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1602015168_SALSABILA MARJANI.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1602015168_SALSABILA MARJANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompensasi Bonus, Leverage dan Profitabilitas terhadap Earning Management pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Adapun variabel yang diteliti adalah kompensasi bonus, leverage dan profitabilitas sebagai variabel independen dan earning management sebagai variable dependen. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018 sebanyak 47 perusahaan. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 6 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode telaah dokumen yaitu menelaah laporan keuangan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (BEI) (www.idx.co.id). Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi), uji hipotesis, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel kompensasi bonus berpengaruh positif signifikan terhadap earning management hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05 dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap earning management hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Sedangkan profitabilitas tidak berpengaruhterhadap earning management dengan nilai signifikansi sebesar 0,06 > 0,05. Hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel kompensasi bonus, leverage dan profitabilitas berpengaruh terhadap earning management dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,344, hal ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan variabel kompensasi bonus, leverage dan profitabilitas untuk menjelaskan variasi pada variabel dependen earning management sebesar 34,4% sedangkan sisanya 65,6% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini seperti komite audit, audit eksternal, dan likuditas.
Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan menambahkan dan menguji variabel lain yang tidak berpengaruh pada penelitian ini dan diduga memiliki pengaruh terhadap earning management. Selain itu, diharapkan untuk memperluas periode dan objek penelitian untuk memberi gambaran lebih luas terkait objek yang diteliti.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 09 Aug 2022 01:53
Last Modified: 09 Aug 2022 01:53
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16434

Actions (login required)

View Item View Item