Pengaruh Biaya Produksi dan Perputaran Persediaan Barang Jadi terhadap Laba Kotor pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2018

Murtiningsih, Dewi (2019) Pengaruh Biaya Produksi dan Perputaran Persediaan Barang Jadi terhadap Laba Kotor pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1502015053_DEWI MURTININGSIH.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1502015053_DEWI MURTININGSIH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh biaya produksi dan perputaran persediaan barang jadi terhadap laba kotor pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2018.
Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Variabel dalam penelitian ini adalah biaya produksi (X1), perputaran persediaan barang jadi (X2), dan laba kotor (Y). Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 6 (enam) perusahaan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu menelusuri laporan keuangan perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen tahun 2011-2018 melalui situs BEI (www.idx.co.id). Data diolah dengan menggunakan analisis akuntansi, analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil persamaan regresi linier berganda Y = 189,012 + 0,147 X1 + 0,912 X2. Hasil uji hipotesis (t) menunjukkan bahwa secara parsial biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap laba kotor dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan variabel perputaranpersediaan barang jadi berpengaruh signifikan terhadap laba kotor dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukan bahwa secara simultan (F) variabel biaya produksi dan perputaran persediaan barang jadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba kotor dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,559 atau 55,9%. Hal ini berarti setiap perubahan laba kotor dijelaskan oleh variabel biaya produksi dan perputaran persediaan barang jadi sebesar 55,9%, sedangkan sisanya 44,1% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak masuk dalam penelitian ini seperti volume produksi, harga pokok penjualan, dan modal kerja.
Diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengganti maupun menambahkan variabel bebas yang dapat mempengaruhi laba kotor seperti volume penjualan agar memberikan pengaruh yang signifikan, menambah tahun pengamatan penelitian dalam hal ini lebih dari 8 (delapan) tahun, dan menggunakan sampel data dari industri selain otomotif dan komponen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:47
Last Modified: 08 Aug 2022 07:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16422

Actions (login required)

View Item View Item