Pengaruh Faktor Eksternal dan Faktor Internal terhadap Minat Menabung Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA di Bank Syariah

Rachma, Aulia (2020) Pengaruh Faktor Eksternal dan Faktor Internal terhadap Minat Menabung Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA di Bank Syariah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_EKIS_1602055021_AULIA RACHMA.pdf]
Preview
Text
FEB_EKIS_1602055021_AULIA RACHMA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Produk, Promosi, Pelayanan, Bagi Hasil, Reputasi, Religiusitas, Lingkungan Sosial, Psikologi dan Pengetahuan terhadap Minat Menabung Mahasiswa.
Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah produk (X1), promosi (X2), pelayanan (X3), bagi hasil (X4), reputasi (X5), religiusitas (X6), lingkungan social (X7), psikologi (X8), pengetahuan (X9) terhadap minat menabung (Y). Populasinya adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA yang menjadi nasabah di Bank Syariah. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengambilan sampel dengan metode teknik pengambilan data dengan kuesioner atau yang disebut dengan instrumen penelitian. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS Statistics Versi 24 yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas, statistic deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji ketetapan model.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada faktor ekaternal yaitu produk (X1) dan promosi (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah. Hal ini terjadi karena produk yang ditawarkan oleh perbankan syariah sesuai dengan kebutuhan kalangan mahasiswa. Dan strategi pemasaran yang biasa dilakukan oleh pihak bank kepada calon nasabahnya dapat mempengaruhi minat menabung di Bank Syariah. Sedangkanpelayanan (X3), bagi hasil (X4) dan reputasi (X5) secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah.
Sedangkan pada faktor internal variabel religiusitas (X6), lingkungan social (X7) dan pengetahuan (X9) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah. Karena religiusitas dan lingkungan sosial merupakan faktor pembentuk perilaku konsumen dalam memilih sesuatu. Dan semakin nasabah mengetahui tentang bank syariah maka semakin meningkat minat menabung di bank syariah. Sedangkan psikologi (X8) secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah.
Oleh karena itu, disarankan kepada calon nasabah bank syariah mengetahui bagaimana produk di bank syariah sehingga dapat memilih produk yang sesuai dengan keinginan nasabah. Dan juga mengetahui faktor-faktor internal dari bank syariah selain produk seperti variabel penelitian yang meliputi promosi, pelayanan, bagi hasil dan reputasi bank syariah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 06 Aug 2022 04:09
Last Modified: 06 Aug 2022 04:09
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16367

Actions (login required)

View Item View Item