Pengaruh Tingkat Premi, Klaim dan Risk Based Capital (RBC) terhadap Profitabilitas Perusahaan Asuransi Syariah

Nursalamah, Laila (2020) Pengaruh Tingkat Premi, Klaim dan Risk Based Capital (RBC) terhadap Profitabilitas Perusahaan Asuransi Syariah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_EKIS_1602055020_LAILA NURSALAMAH.pdf]
Preview
Text
FEB_EKIS_1602055020_LAILA NURSALAMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Premi, Klaim dan Risk Based Capital (RBC) terhadap Profitabilitas Perusahaan Asuransi Syariah. Metode penelitiannya yaitu kuantitatif, dan sumber data yang diperoleh yaitu data sekunder sedangkan metode dalam analisis penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dari 26 perusahaan asuransi syariah, 9 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Tingkat Premi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, Klaim berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, dan Risk Based Capital (RBC) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan variabel Tingkat Premi, Klaim dan Risk Based Capital (RBC) berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas.
Untuk itu disarankan perusahaan asuransi syariah memperhatikan pengelolaan serta memanfaatkan dana premi dengan baik melalui investasi sehingga digunakan ketika beban klaim tinggi dan menjaga risk based capital yang stabil agar memenuhi kewajiban serta dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan asuransi syariah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 06 Aug 2022 04:05
Last Modified: 06 Aug 2022 04:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16364

Actions (login required)

View Item View Item