Analisis Perbandingan Kinerja Saham Perusahaan Food & Beverages Terindeks Konvensional dan Syariah terhadap IHSG

Putri, Siti Azizziah Azzahra Pernama (2020) Analisis Perbandingan Kinerja Saham Perusahaan Food & Beverages Terindeks Konvensional dan Syariah terhadap IHSG. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_EKIS_1602055006_AZIZZIAH AZZAHRA.pdf]
Preview
Text
FEB_EKIS_1602055006_AZIZZIAH AZZAHRA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kinerja saham konvensional dan syariah dengan Indeks Harga Saham Gabungan serta akan melakukan analisis perbandingan kinerja saham perusahaan sub sektor food and beverages terindeks konvensional dan syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) pada periode tahun 2015 sampai dengan tahun 2019. Variabel yang diteliti yaitu kinerja saham yang dapat dilihat dari hasil perhitungan return saham serta perhitungan kinerja saham dengan metode risk adjusted performance (Indeks Sharpe, Indeks Treynor, dan Indeks Jensen) pada masing-masing jenis saham yakni konvensional dan syariah sebagai objek peubah dan perusahaan sub sektor food and beverages baik konvensional maupun syariah sebagai objek pengamatan.
Hasil penelitian setelah return saham dan juga kinerja saham itu sendiri dengan metode risk adjusted performance dihitung dan dianalisis dengan bantuan program Microsoft excel dan program software EViews versi 10, menunjukkanbahwa kinerja saham konvensional tidak berpengaruh sedangkan kinerja saham syariah berpengaruh signifikan terhadap IHSG. Pada hasil analisis regresi linear berganda juga dapat dilihat bahwa antara kinerja saham konvensional berbanding terbalik atau berpengaruh negatif terhadap return IHSG, sedangkan pada kinerja saham syariah berbanding lurus atau berpengaruh positif terhadap return IHSG. Kemudian dilihat dari perhitungan return menunjukkan bahwa perusahaan food and beverages syariah lebih unggul daripada perusahaan yang terindeks konvensional. Sama halnya pada nilai risk adjusted performance dengan menggunakan tiga alat ukur yaitu Indeks Sharpe, Indeks Treynor dan Indeks Jensen menunjukkan perusahaan food and beverages terindeks syariah memiliki tingkat risk yang lebih rendah berarti lebih menjamin keamanan investasi. Pada hasil independent sample t test menujukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara kinerja saham perusahaan food and beverages terindeks konvensional dengan syariah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 06 Aug 2022 03:52
Last Modified: 06 Aug 2022 03:52
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16361

Actions (login required)

View Item View Item