Pengaruh Pemberian Edukasi Gizi Terkait Pesan Gizi Seimbang Menggunakan Media Podcast Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Obesitas Pada Remaja Di SMA Labschool Kebayoran Tahun 2019

Muthmainnah, Aisyah Fajrin (2019) Pengaruh Pemberian Edukasi Gizi Terkait Pesan Gizi Seimbang Menggunakan Media Podcast Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Obesitas Pada Remaja Di SMA Labschool Kebayoran Tahun 2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_ GIZI_ 1505025010_AISYAH FAJRIN MUTHMAINNAH.pdf]
Preview
Text
FIKES_ GIZI_ 1505025010_AISYAH FAJRIN MUTHMAINNAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Obesitas merupakan salah satu masalah gizi pada remaja saat ini. Akibat dari obesitas adalah meningkatnya resiko penyakit tidak menular seperti hipertensi, penyakit kardiovaskuler, diabetes mellitus, kanker, osteoporosis dan lain-lain yang berimplikasi pada penurunan produktivitas dan usia harapan hidup. Salah satu faktor terjadinya obesitas adalah kurangnya pengetahuan dan informasi yang didapatkan remaja tentang obesitas. Oleh karena itu, edukasi gizi menggunakan media yang selama ini dekat dengan remaja harus dimanfaatkan dalam rangka pencegahan obesitas pada remaja.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasy experimental menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design pada remaja SMA Labschool Kebayoran kelas X sebanyak 68 remaja. Subyek dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 34 responden menjadi kelompok eksperimen dan 34 responden menjadi kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diberikan podcast dan booklet yang diberikan pendampingan selama 1 minggu. Sedangkan pada kelompok kontrol diberikan booklet tanpa podcast. Data pengetahuan dan sikap terkait pesan gizi seimbang mengenai obesitas pada remaja diperoleh dari data primer berupa kuesioner.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh peningkatan pengetahuan pada kelompok ekperimen dan kelompok kontrol (p=0,000; p<0,05). Terdapat pengaruh peningkatan sikap pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (p=0,000; p<0,05). Selain itu, terdapat perbedaan pengaruh pada kelompok ekperimen dengan kelompok kontrol terhadap pengetahuan (p=0,000; p<0,05) namun tidak terdapat perbedaan pengaruh pada kelompok ekperimen dengan kelompok kontrol terhadap sikap (p=0,143; p>0,05).
Dapat disimpulkan bahwa baik media podcast dan booklet maupun media booklet tanpa podcast terkait pesan gizi seimbang mengenai obesitas pada remaja dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap. Maka dari itu, podcast dan booklet dianggap sebagai media yang efektif digunakan dalam memberikan edukasi gizi pesan gizi seimbang mengenai obesitas pada remaja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:18
Last Modified: 04 Aug 2022 06:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16287

Actions (login required)

View Item View Item