Hubungan Pengetahuan Label Pangan, Uang Saku, dan Keterpaparan Informasi dengan Kebiasaan Membaca Label Pangan Produk Kemasan pada Mahasiswa FIKES UHAMKA

Novitamanda, Aisya Desy (2019) Hubungan Pengetahuan Label Pangan, Uang Saku, dan Keterpaparan Informasi dengan Kebiasaan Membaca Label Pangan Produk Kemasan pada Mahasiswa FIKES UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_ GIZI_ 1505025008 _ AISYA DESY NOVITAMANDA.pdf]
Preview
Text
FIKES_ GIZI_ 1505025008 _ AISYA DESY NOVITAMANDA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsumsi makanan kemasan semakin diminati masyarakat karena praktis untuk dikonsumsi tetapi tidak diikuti dengan kebiasaan membaca label pangan. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis hubungan antara pengetahuan label pangan, uang saku, dan keterpaparan informasi dengan kebiasaan membaca label pangan produk kemasan pada mahasiswa FIKES UHAMKA. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara Consecutive Sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus 2019 dengan 239 orang responden. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 52,7% responden selalu membaca label pangan. Pengetahuan label pangan tidak berhubungan dengan kebiasaan membaca label pangan (P-value = 0,804). Variabel uang saku juga tidak memiliki hubungan dengan kebiasaan membaca label pangan (P-value = 0,987). Berbeda dengan hasil analisis pada variabel keterpaparan informasi yang memiliki hubungan dengan kebiasaan membaca label pangan (P-value = 0,047). Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kebiasaan membaca label pangan adalah dengan mencari informasi yang berkaitan dengan label pangan dari berbagai media informasi. Hal ini dapat menambah pengetahuan serta merubah perilaku mahasiswa dalam membaca label pangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:38
Last Modified: 04 Aug 2022 04:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16275

Actions (login required)

View Item View Item