Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan Ibu dengan Pola Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) Usia 6-24 Bulan Di Suku Semende Kecamatan Muara Sahung, Kaur, Bengkulu, Tahun 2019

Safitri, Aneke Meta (2019) Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan Ibu dengan Pola Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) Usia 6-24 Bulan Di Suku Semende Kecamatan Muara Sahung, Kaur, Bengkulu, Tahun 2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1705029001_ANEKE META SAFITRI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1705029001_ANEKE META SAFITRI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prevalensi masalah gizi pada anak balita di Indonesia masih tinggi. Salah satu penyebabnya adalah pola makan yang kurang baik. Suku Semende di Muara Sahung merupakan kelompok Semende yang melakukan migran ke wiilayah Bengkulu. Di Suku Semende masih ada pantangan pemberian makanan tertentu pada bayi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pendidikan dan pengetahuan ibu dengan pola pemberian makan bayi dan anak (PMBA) usia 6-24 bulan di Suku Semende Kecamatan Muara Sahung, Kaur, Bengkulu. Metode penelitian bersifat descriptive observasional dengan desain penelitian cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah bayi yang berusia 6-24 bulan di Suku Semende yang diambil secara Accidental Sampling. Data hasil wawancara pendidikan ibu, kuesioner pengetahuan ibu, dan kuesioner pola PMBA dianalisis dengnan uji chi square dengan tingkat kemaknaan α=0,05. Proporsi pola PMBA yang tidak tepat adalah 60,0%. Sebagian besar responden memiliki pendidikan yang rendah dan memiliki pengetahuan yang tinggi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan pendidikan ibu dengan pola PMBA nilai p-value = (0.000) < (0.05), terdapat hubungan pengetahuan ibu dengan pola PMBA nilai pvalue = (0.002) < (0.05).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:37
Last Modified: 04 Aug 2022 03:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16252

Actions (login required)

View Item View Item