Hubungan Antara Keanggotaan Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI),Pengetahuan Ibu Tentang ASI, Pendidikan DanPekerjaan Ibu Bayi Dengan Praktik Pemberian ASI Eksklusif Di Desa Palasari, Kecamatan Legok

Rakhmini, Fitri Fajar (2018) Hubungan Antara Keanggotaan Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI),Pengetahuan Ibu Tentang ASI, Pendidikan DanPekerjaan Ibu Bayi Dengan Praktik Pemberian ASI Eksklusif Di Desa Palasari, Kecamatan Legok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKE_GIZI_1405025113_FITRI FAJAR RAKHMINI.pdf]
Preview
Text
FIKE_GIZI_1405025113_FITRI FAJAR RAKHMINI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Modal Dasar Pembentukan Manusia Berkualitas Dimulai Sejak Bayi Dalam Kandungan Disertai Dengan Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Sejak Dini, Terutama Pemberian ASI Eksklusif Yaitu Pemberian Hanya ASI Kepada Bayi Sejak Lahir Sampai Berusia 6 Bulan. Resiko Kematian Neonatal (Bayi Baru Lahir) Meningkat Empat Kali Lipat Pada Kelompok Bayi Yang Mendapat Makanan Atau Minuman Selain ASI (Pre Laktal) Dibanding Bayi Yang Mendapat ASI Eksklusif. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Hubungan Antara Keanggotaan Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI), Pengetahuan Ibu Tentang ASI, Pendidikan Dan Pekerjaan Ibu Bayi Dengan Praktik Pemberian ASI Eksklusif Di Desa Palasari, Kecamatan Legok. Penelitian Ini Menggunakan Desain Cross-Sectional. Populasi Penelitian Ini Adalah Seluruh Ibu Balita 0-6 Bulan Di Desa Palasari. Metode Sampling Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Quota Sampling Dengan Jumlah Sampel Penelitian 97 Ibu Bayi 0-6 Bulan. Analisis Statistik Yang Digunakan Adalah Dengan Uji Chi-Square. Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Sebagian Besar Responden Bukan Merupakan Anggota Kelompok Pendukung ASI Yaitu 69.1%, Dengan Tingkat Pengetahuan Baik 73.2%, Pendidikan Tinggi Yaitu 55,7%, Status Pekerjaan Tidak Bekerja Yaitu 86,6%, Dan Praktik Pemberian ASI Eksklusif 54.6%. Hasil Uji Statistik Menunjukan Ada Hubungan Antara Keanggotaan Kelompok Pendukung ASI (P-Value = 0,000), Tingkat Pengetahuan Ibu (P-Value = 0,000), Pekerjaan Ibu (P-Value = 0,015) Dengan Praktik Pemberian ASI Eksklusif Dan Tidak Terdapat Hubungan Antara Pendidikan Ibu Dengan Praktik Pemberian ASI Eksklusif (P-Value = 0,207).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:35
Last Modified: 04 Aug 2022 03:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16251

Actions (login required)

View Item View Item