Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia

Herviani, Rhisma (2019) Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1502025223_Rhisma Herviani.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1502025223_Rhisma Herviani.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan Economic Value Added dan Market Value Added terhadap Return Saham pada perusahaan foods and beverages di Bursa Efek Indonesia.
Dalam penelitian ini digunakan metode elesplansi. Variabel yang diteliti adalah variabel Economic Value Added (X1) dan Market Value Added (X2) sebagai variabel bebas serta Return Saham (Y) sebagai variabel terikat. Populasi adalah perusahaan manufaktur go public di Bursa Efek Indonesia dan masih beroperasional sampai sekarang.
Penentuan sampling digunakan judgment sampling dengan kriteria yang ditentukan dan diperoleh sampel sebanyak 11 perusahaan manufaktur go public di bidang foods and beverages. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen yaitu dokumen laporan keuangan per periode tahun 2014, 2015 dan 2016. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan analisis linier berganda, uji asumsi klasik, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis.
Hasil Analisis Manajemen Keuangan yaitu variabel Return Saham (Y) memiliki nilai rata-rata (mean) sebesar 14,1345% dengan standar deviasi sebesar 15,17915%. Variabel Economic Value Added (X1) memiliki nilai rata-rata (mean) sebesar 3666,82 milyar dengan standar deviasi sebesar 7376,921 milyar. Variabel Market Value Added (X2) memiliki nilai rata-rata (mean) sebesar 24985,39 milyar dengan standar deviasi sebesar 37362,151 milyar. Dari hasil analisis regresi linier berganda diputuskan persamaan: Ŷ = 11,869 + 0,162X1 + 0,201X2. Hasil pengujian asumsi klasik dijelaskan bahwa Uji normalitas berdistribusi secara normal, Uji multikolinearitas menunjukkan tidak terjadi multikolinearitas, Uji heteroskedasitas menunjukkan tidak terjadi homoskedastisitas, Uji outokorelasi menunjukkan tidak terdapat masalah autokorelasi, model regresi memiliki sifat Best Linear Unbiased Estimator (BLUE), artinya seluruh variabel independen dapat digunakan untuk mengestimasikan variabel dependen. Hasil koefisien korelasi menunjukkan nilai r sebesar 0,273 yang menunjukkan kedua variabel memiliki hubungan yang kuat dan Adjusted R Square memiliki nilai sebesar 0,013 artinya variabel independen Economic Value Added dan Market Value Added mampu menjelaskan variasi variabel dependen yakni Return Saham sebesar 1,3% sedangkan sisanya 98,7% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil pengujian secara parsial antara variabel Economic Value Added terhadap variabel Return Saham memiliki nilai thitung sebesar 2,829 > ttabel (0,005/2,30) = 2,201 dengan nilai signifikansi 0,043 < 0,05, artinya variabel EVA secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return Saham dan H1 diterima. Hasil pengujian secara parsial antara variabel Market Value Added terhadap variabel Return Saham memiliki nilai thitung sebesar -1,542 < ttabel (0,005/2,30) = 2,201 dengan nilai signifikan 0,134 > 0,05, artinya variabel MVA secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Return Saham dan H2 ditolak. Hasil pengujian secara simultan antara variabel independen terhadap variabel dependen memiliki nilai Fhitung sebesar 11,208 > F 0,005 (2,30) = 4,459 dengan nilai signifikan 0,011 < 0,05, dapat diinterprestasikan bahwa variabel Economic Value Added dan Market Value Added secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Return Saham.
Oleh sebab itu disarankan kepada para calon investor yang ingin menginvestasikan dana yang dimilikinya pada satu atau lebih perusahaan, ada baiknya jika menganalisa terlebih dahulu pengaruh antara obyek pengamatan dengan obyek perubahan, antara obyek perubahan dengan obyek perubahan, serta antara obyek pengamatan dengan obyek pengamatan sebelum mengambil keputusan berinvestasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:02
Last Modified: 04 Aug 2022 03:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16240

Actions (login required)

View Item View Item