Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia

Nurpadilah, Hanapia (2019) Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1502025116_HANAPIA NURPADILAH.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1502025116_HANAPIA NURPADILAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi, yaitu untuk menjelaskan pengaruh antara variabel bebas yaitu Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan terhadap variabel terikat yaitu Kebijakan Dividen dan menjelaskan hubungan antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Pemilihan sampel melalui metode purposive sampling. Terdapat 14 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian, sehingga data penelitian berjumlah 70 data. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah telaah dokumen, data yang ditelaah adalah laporan keuangan tahunan (annual report), jurnal penelitian terdahulu dan literatur lain yang berkaitan dengan masalah penelitian. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi analisis manajemen keuangan, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien determinasi dan uji koefisien korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Kepemilikan Manajerial (MOwn) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen (DPR). Hal ini berarti semakin tinggi kepemilikan manajerial, maka semakin besar dividen yang akan dibayarkan. Kepemilikan manajerial yang tinggi akan menyeimbangkan kepentingan manajemen dengan kepentingan pemegang saham. Selain itu, variabel Ukuran Perusahaan juga secara parsial juga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen (DPR). Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan dengan ukuran besar lebih mampu membayar dividen lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan kecil, karena perusahaan besar memiliki akses yang relatif mudah ke pasar modal. Sementara, Hasil penelitian secara simultan juga menunjukkan bahwa Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 02 Aug 2022 09:04
Last Modified: 02 Aug 2022 09:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16161

Actions (login required)

View Item View Item