Hubungan Antara Pendidikan, Pengetahuan, Pendapatan Orang Tua Dengan Status Gizi Balita Di Posyandu Pagerbatu Pandeglang Banten

Jehma, Anis (2018) Hubungan Antara Pendidikan, Pengetahuan, Pendapatan Orang Tua Dengan Status Gizi Balita Di Posyandu Pagerbatu Pandeglang Banten. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_ 1405025108_ ANIS JEHMA.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_ 1405025108_ ANIS JEHMA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah kurang gizi masih merupakan masalah pokok masyarakat dari dulu hingga sekarang dengan berbagai faktor yang mendukung masih sangat kompleks. Anak balita merupakan kelompok yang menunjukan pertumbuhan yang pesat sehingga memerlukan perhatian yang lebih untuk kondisi kesehatannya. Status gizi yang dipengaruhi oleh masukan zat gizi, secara tidak lansung dipengaruhi oleh karakteristik keluarga. Karakteristik keluarga ikut menentukan keadaan gizi anak balita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pendidikan, pengetahuan, dan pendapatan orang tua dengan status gizi balita di Posyandu Pagerbatu Pandeglang Banten. Penelitian dengan desain cross sectional ini dilakukan pada bulan Januari-November 2018. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 85 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur tentang pendidikan, pengetahuan, dan pendapatan orang tua. Pengukuran berat badan dilakukan untuk menilai status gizi balita berdasarkan kategori berat badan menurut umur (BB/U). Uji statistik menggunakan uji chi squre untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dangan variabel terikat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan status gizi balita (p=0.004). adapun untuk pengetahuan, dan pendapatan keluarga tidak berhubungan dengan status gizi balita dengan nilai P masing-masing (P=0.660), dan (P=0.112).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:44
Last Modified: 02 Aug 2022 07:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16154

Actions (login required)

View Item View Item