Pengaruh Good Corporate Governance dan Leverage terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Sektor Real Estate di Indonesia

Pujianti, Altria Julia (2020) Pengaruh Good Corporate Governance dan Leverage terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Sektor Real Estate di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1602025072_Altria Julia Pujianti.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1602025072_Altria Julia Pujianti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh good corporate governance dan leverage terhadap kinerja keuangan pada perusahaan sektor real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Pada penelitian ini menggunakan data sekunder yang telah diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan variabel independen mekanisme good corporate governance yang diproksikan dengan proporsi komisaris independen, kepemilikan institusional, dan variabel leverage. Sedangkan variabel dependen yaitu adalah kinerja keuangan yang diproksikan dengan Return on Asset (ROA). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 8 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai penelitian sampel, sehingga data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dekriptif, regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis koefisien korelasi, analisis koefisiein determinasi, dan uji hipotesis. Penelitian ini diolah dengan menggunakan Eviews10. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kepemilikan institusional dan proporsi komisaris independen secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan leverage secara parsial berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan. Sedangkan proporsi komisaris independen, kepemilikan institusional dan leverage secara simultan memiliki hubungan yang signifikan terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:07
Last Modified: 01 Aug 2022 03:07
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16017

Actions (login required)

View Item View Item