Khusniyati, Masykuroh (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI HEMAT LISTRIK UNTUK ANAK USIA DINI. JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNDIKSHA, 10 (1). ISSN 26139669
Preview |
Text (ARTIKEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI HEMAT LISTRIK PADA ANAK USIA DINI)
ARTIKEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEDIA VIDEO ANIMASI HEMAT ENERG LISTRIK PADA ANAK USIA DINI.pdf - Published Version Download (660kB) | Preview |
Abstract
Perilaku hemat energi perlu ditanamkan pada anak usia dini, namun media pembelajaran terkait materi tersebut masih terbatas. Berdasarkan masalah tersebut, diperlukan media pembelajaran berupa video animasi yang dapat menanamkan perilaku hemat energi listrik pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi hemat energi listrik pada anak usia dini agar anak usia dini paham mengenai pentingnya perilaku hemat energi listrik. Studi ini menggunakan Penelitian dan Pengembangan atau biasa disebut R&D dengan model ADDIE. Validitas media pembelajaran video animasi diuji serta dinilai oleh ahli materi, ahli media, guru dan orangtua kelas A. Hasil presentase dari ahli materi mendapatkan skor 92% dengan kategori “sangat valid”, presentase dari ahli media dengan skor 94% dengan kategori “sangat valid”. Selanjutnya hasil uji coba media video animasi dari guru mendapat skor sebesar 94% dengan kategori “sangat valid”, kemudian penilaian dari 12 orang tua siswa memperoleh presentase skor sebesar 93% dengan kategori “sangat valid”. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi tentang hemat energi listrik dapat dikategorikan “sangat valid” dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Khusniyati Masykuroh |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 07:37 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 07:37 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16008 |
Actions (login required)
View Item |