Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Berbasis Hots Kelas VI Sdn Lubang Buaya Jakarta Timur

Verdawati, Eva (2021) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Berbasis Hots Kelas VI Sdn Lubang Buaya Jakarta Timur. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA.

[thumbnail of SPS_PENDAS1809087047_EVA WEDAWATI.pdf]
Preview
Text
SPS_PENDAS1809087047_EVA WEDAWATI.pdf

Download (588kB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk untuk mendapatkan informasi seberapa besar pengaruh status sosial ekonomi orang tua peserta didik dan minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar Matematika berbasis HOTS pada siswa kelas VI SD di Kelurahan Lubang Buaya Kecamatan Cipayung Kotamadya Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey kausal dengan teknik analisis jalur. Variabel dalam penelitian terdiri dari dua variable bebas yaitu status sosial ekonomi orang tua siswa sebagai variabel (X1), minat beajar Matematika siswa sebagai variabel (X2), dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar Matematika siswa berbasis HOTS sebagai variabel (X3). Penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan status ekonomi orang tua terhadap hasil belajar matematika berbasis HOTS di Sekolah Negeri se Kelurahan Lubang Buaya Kecamatan Cipayung Jakarta Timur.Status ekonomi orang tua siswa tidak menjadi faktor yang terlalu berpengaruh dalam suatu proses belajar, karena kadang-kadang ada orang tua siswa yang memiliki keadaan ekonomi yang berlebih membuat orang tua siswa tidak mempunyai waktu di rumah bahkan untuk memperhatikan hasil belajar anaknya. Status ekonomi orang tua siswa yang kekurangan, tidak jarang orang tua siswa yang berusaha meluangkan waktu di tengah kesibukanya mencari nafkah untuk memperhatikan anak-anaknya dan memperhatikan belajar anak-anaknya. Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika berbasis HOTS di Sekolah Negeri se Kelurahan Lubang Buaya Kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Makin baik minat belajar siswa maka akan semakin baik pula hasil belajar matematika berbasis HOTS, demikian juga sebaliknya semakin buruk minat belajar maka akan membawa dampak pada rendahnya hasil belajar matematika. Karena itu siswa harus dapat membangkitkan minat belajar dan semangat belajar perlu ditingkatkan agar kelak dapat menikmati jerih payah yang telah dilakukan. Selain itu, siswa dalam mendapatkan nilai yang tinggi harus berusaha sesuai dengan kemampuannya sendiri. Tidak terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan status ekonomi orang tua terhadap minat belajar di Sekolah Negeri se Kelurahan Lubang Buaya Kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Status ekonomi orang tua yang rendah justru meningkatkan minat siswa dalam belajar karena siswa tidak ingin membebani orang tua yang telah membiayai pendidikannya dengan sungguh-sungguh. Sedangkan status ekonomi orang tua yang tinggi umumnya mereka bekerja secara profesional sehingga mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengawasi belajar anaknya. Sehingga minat belajar anak berkurang karena minimnya pendampingan dari orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Status Sosial ekonomi, Minat belajar, hasil Belajar
Subjects: A General Works
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:24
Last Modified: 04 Aug 2022 03:24
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15949

Actions (login required)

View Item View Item