Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V

Kartini, Ai (2020) Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA.

[thumbnail of SPS_PENDAS_1709087047_N.AI KARTINI.pdf]
Preview
Text
SPS_PENDAS_1709087047_N.AI KARTINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika
dibandingkan dengan model pembelajaran direct learning (DL). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran TPS dan model pembelajaran DL memberikan hasil belajar yang berbeda terhadap mata pelajaran matematika bagi siswa yang memiliki minat yang berbeda. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Telaga Murni 03 Cikarang Barat, sampel sebanyak 4 (empat) kelas yang berjumlah 147 siswa,
dipilih secara random sebanyak dua kelas terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui teknik clustcr random sampling. Untuk kelas eksperimen diberikan TPS
sedangkan untuk kelas kontrol diberikan pembelajaran DL , perlakuan dibedakan sesuai minat belajarnya yakni minat belajar tinggi dan rendah. Rancangan penelitian ini menggunakan desain factorial 2x2 dengan tiga variabel,
terdiri dari dua variabel bebas yaitu model pembelajaran dan minat belajar serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kelompok siswa yang diajar dengan TPS memberikan hasil belajar matematika yang lebih tinggi daripada dengan DL (2)
kelompok siswa yang memiliki minat tinggi memberikan hasil belajar matematika yang lebih tinggi daripada minat rendah, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan
minat belajar terhadap hasil belajar matematika , (4) siswa yang diberi model TPS lebih tinggi dari pada siswa yang diberi model DL pada kelompok siswa yang memiliki minat
belajar tingkat tinggi, (5) kelompok siswa yang memiliki minat belajar rendah yang diberi model pembelajaran Thin Pair Share memiliki skore hasil belajar lebih tinggi dibanding siswa yang memiliki minat rendah yang diberi model pembelajaran Direct Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran think pair share (TPS), Minat Belajar, Hasil belajar
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:24
Last Modified: 04 Aug 2022 03:24
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15942

Actions (login required)

View Item View Item