Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Media Presentasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Nuryati, Sri (2020) Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Media Presentasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA.

[thumbnail of SPS_PENDAS_1709087059_SRI NURYATI.pdf]
Preview
Text
SPS_PENDAS_1709087059_SRI NURYATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Investigasi Kelompok dan Belajar Bersama berbasis media presentasi terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik kelas V MIS Pembangunan UIN Jakarta tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 peserta didik dari populasi terjangkau 219 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain factorial 3x2. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes penilaian skala sikap dan tes pengetahuan. Analisis terdiri dari pengujian instrumen selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA dua arah. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan bahwa: : (1) model pembelajaran kooperatif berbasis media presentasi tipe Investigasi Kelompok memberikan hasil belajar IPS yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif berbasis media presentasi Tipe Belajar Bersama yaitu thitung (6,618) > ttabel (1,980), (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Investigasi Kelompok maupun Belajar Bersama dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS yaitu Fhitung (4,715) > Ftabel (4,045), (3) pada kategori kemandirian belajar tinggi hasil belajar IPS yang mendapat perlakuan model pembelajaran
Investigasi Kelompok lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dengan perlakuan model pembelajaran Belajar Bersama yaitu thitung (8,218) > ttabel (1,980), (4) pada kategori kemandirian belajar sedang hasil belajar IPS yang mendapat perlakuan model pembelajaran Investigasi Kelompok lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dengan perlakuan model pembelajaran Belajar Bersama yaitu thitung (2,988) > ttabel (2,086), (5) pada kategori kemandirian belajar rendah hasil belajar IPS yang mendapat perlakuan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:25
Last Modified: 04 Aug 2022 03:25
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15941

Actions (login required)

View Item View Item