Implementasi Pendekatan Multikultural Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Penguatan Karakter dan Pencegahan Perilaku Konflik

Ruwiyarto, Marsahit (2019) Implementasi Pendekatan Multikultural Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Penguatan Karakter dan Pencegahan Perilaku Konflik. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA.

[thumbnail of SPS_PENDAS_1609087011_MARSAHIT RUWIYARTO.pdf]
Preview
Text
SPS_PENDAS_1609087011_MARSAHIT RUWIYARTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan multikultural di sekolah dasar Cinta Kasih Tzu Chi, mencakup (1) gambaran sekolah dasar Cinta Kasih Tzu Chi di kecamatan Cengkareng, (2) pandangan guru di sekolah dasar tentang multikultural sebagai pendekatan pembelajaran, (3) praktik pembelajaran pendekatan multikultural dan (4)pendekatan multikultural sebagai upaya penguatan karakter dan pencegahan perilaku konflik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Penelitian yang dilakukan pada saat dan setelah pengumpulan data yang dilakukan scara intraktif dan berlangsung sampai tuntas. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar Tzu Chi pada kelas V. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah dan Guru kelas V. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi yang relevan dari informan terpercaya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) gambaran sekolah dasar Cinta Kasih Tzu Chi di kecamatan Cengkareng merupakan sekolah dasar yang memiliki fasilitas baik serta memiliki keunikan seperti keberagaman guru dan keberagaman latarbelakang siswa (2) soft skill pendekatan multikultural sangat bagus sekali karena dalam proses pembelajaran peserta didik menjadi lebih saling menghargai, saling mengerti dan saling peduli terhadap peserta didik lainnya (3) praktik pembelajaran pendekatan multikultural seperti kerja kelompok, diskusi dan kerjasama, materi belajar yang berkaitan dengan tema multikultural, sikap adil guru terhadap semua peserta didik (4) pendekatan multikultural dapat menguatkan karakter peserta didik, mereka dapat menghargai perbedaan, toleransi, serta menghargai agama teman-temannya. Saling memahami keberagaman dapat saling menghargai dan menghormati antar sesama merupakan upaya pencegahan perilaku konflik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Multikultural, Pendekatan Multikultural
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:36
Last Modified: 19 Jul 2022 04:36
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15858

Actions (login required)

View Item View Item