Hubungan Perilaku Diet Penurunan Berat Badan, Tingkat Stres dan Citra Tubuh dengan Status Gizi pada Siswi SMA PGRI 3 Jakarta

Wahyuni, Dini Dwi (2019) Hubungan Perilaku Diet Penurunan Berat Badan, Tingkat Stres dan Citra Tubuh dengan Status Gizi pada Siswi SMA PGRI 3 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_ 1405025034_DINI DWI WAHYUNI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_ 1405025034_DINI DWI WAHYUNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah status gizi yang terjadi pada remaja dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah baru yang berkaitan dengan kesehatan. Status gizi remaja dipengaruhi oleh berbagai macam faktor (multifaktorial) meliputi perilaku diet penurunan berat badan, tingkat stres dan citra tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku diet penurunan berat badan, tingkat stres dan citra tubuh dengan status gizi pada siswi SMA PGRI 3 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Subjek penelitian ini adalah siswi SMA PGRI 3 Jakarta yang melakukan diet penurunan berat badan dengan jumlah sampel 53 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner meliputi kuesioner karakteristik responden, perilaku diet penurunan berat badan, Perceived Stress Scale (PSS-10), Body Shape Questionnaire (BSQ) serta pemeriksaan fisik meliputi penimbangan berat badan, dan pengukuran tinggi badan. Analisis data dengan menggunakan uji Chi-Square dan Fisher Exact. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan perilaku diet penurunan berat badan (p-value=0,046) dan citra tubuh (p-value=0,001) dengan status gizi pada siswi SMA PGRI 3 Jakarta. Tidak ada hubungan tingkat stres (p-value=0,568) dengan status gizi pada siswi SMA PGRI 3 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:29
Last Modified: 18 Jul 2022 07:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15852

Actions (login required)

View Item View Item