Instrumen Evaluasi Berstandar Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X.

Witdianti, Yeni dan Sukardi, Sukardi dan Safii, Imam (2020) Instrumen Evaluasi Berstandar Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1709057045_YENI WITDIANTI.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1709057045_YENI WITDIANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

king Skills), relevansi aspek HOTS terhadap KD pelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 SMA, kesesuaian instrumen evaluasi dengan kriteria buku teks yang baik berdasarkan standar kelayakan bahasa versi BNSP, dan kesesuaian instrumen evaluasi aspek HOTS (Higher Order Thinking Skills) dengan perkembangan kognitif siswa dalam instrumen evaluasi pada buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas X terbitan Tiga Serangkai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi yaitu dengan cara mendeskripsikan aspek-aspek HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang ada pada instrumen evaluasi buku teks bahasa
Indonesia SMA kelas X terbitan Tiga Serangkai, Solo. Data pada penelitian ini adalah aspek HOTS yang terdapat dalam BTBI SMA kelas X meliputi kemampuan berpikir kreatif, berpikir kritis, problem solving, dan membuat keputusan. Data tersebut diambil dari instrumen evaluasi berbentuk tes esai sebanyak 60 butir tes esai. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis isi model Philip Mayring. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebaran aspek HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada BTBI SMA kelas X terbitan Tiga Serangkai belum merata. Berpikir kreatif sebanyak 55, 33%, berpikir kritis 70 %. Sedangkan aspek problem solving dan membuat keputusan di bawah 50%, yaitu aspek problem solving 35% dan aspek membuat keputusan 30%. Juga ditemukan instrumen evaluasi pada BTBI SMA kelas X yang belum berstandar HOTS sebanyak 28,33%. Adapun relevansi aspek HOTS terhadap KI dan KD Kurikulum 2013 SMA kelas X adalah sesuai. Kesesuaian aspek HOTS pada instrumen evaluasi yang ada dalam buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas X terbitan Tiga Serangkai terhadap kriteria buku teks yang baik versi BNSP aspek kebahasaan adalah juga sesuai. Instrumen evaluasi pada BTBI SMA kelas X terbitan Tiga Serangkai sudah sesuai dengan perkembangan kognitif siswa SMA kelas X yang rata-rata usianya sudah mencapai 15 tahun

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: HOTS, High order Thinking Skill, Instrumen evaluasi
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:34
Last Modified: 13 Jul 2022 03:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15754

Actions (login required)

View Item View Item